Kamis, 19 Januari 2012

Mark Zuckerberg Tolak SOPA dan PIPA Lewat Status Facebook


AP/Paul Sakuma
Mark Zuckerberg, CEO dan Pendiri Facebook
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menyatakan penolakannya terhadap rancangan undang-undang di AS yang mengatur tentang pembajakan online atau Stop Online Piracy Act dan Protect Intellectual Property Act (SOPA dan PIPA). Penolakan tersebut ditulis Zuckerberg dalam status di akun jejaring sosial miliknya itu.
"Internet merupakan alat yang kita punya untuk menciptakan dunia yang semakin terbuka dan saling terhubung. Kita tidak boleh berpikir picik mengatur perkembangan internet. Facebook menolak SOPA dan PIPA dan kami akan terus menolak segala peraturan yang mencederai internet," demikian tulis Zuckerberg. 
Ia mengatakan, dunia saat ini membutuhkan pemimpin yang pro terhadap internet. Menurut dia, bersama sejumlah pihak, Facebook telah berupaya mencari alternatif solusi yang lebih baik untuk melawan proposal tersebut.
"Saya mendorong Anda untuk belajar lebih banyak mengenai isu tersebut dan mendesak anggota kongres agar pro internet," tegas Zuckerberk. Sikap resmi Facebook mengenai penolakan tersebut secara lengkap dapat dibaca di link berikut https://www.facebook.com/FacebookDC?sk=app_329139750453932.
Link yang diberikan Mark menuju ke halaman Facebook milik kantor Facebook di Washington DC. Jika lihat bagian kiri di bawah foto profil, akan terlihat dua logo Facebook bertuliskan Anti-Piracy Bills dan Facebook DC Talks Live. Link yang diberikan Mark di status Facebooknya adalah link yang menuju tulisan Anti Piracy Bills. Pernyataan sikap Facebook itu bisa di-like. Hal ini dilakukan Facebook, untuk menjaring dukungan atas sikap penolakan mereka.
Halaman Facebook milik kantor Facebook di Washington DC ini kini didominasi dengan pembahasan mengenai sikap Facebook terhadap RUU SOPA. Facebook menyediakan diskusi terbuka tentang hal ini, juga memposting video hasil diskusi dengan kalangan media di Amerika Serikat.
Sebelumnya, perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat bersama-sama melakukan aksi menolak SOPA dan PIPA. Tanggal 18 Januari 2012, sebanyak 10 website kompak tutup bersama selama 24 jam. Wikipedia menutup layanan berbahasa Inggrisnya selama 24 jam, dan Google menyindir kongres AS dengan menuliskan sindirannya dibawah mesin pencari. Aksi Google dan Wikipedia langsung jadi trending topic Twitter.
Sumber : Kompas 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar :

Poskan Komentar

- No Flood & Spam !
- Jika ada Link yang bermasalah silahkan tinggalkan
komentar dibawah ini

Terimakasih !